DAUN MINT

Pepermin
Tumbuhan

Deskripsi

Pepermin merupakan tanaman yang sebagian besar ditanam di Eropa. Tanaman ini telah digunakan untuk keperluan obat-obatan selama bertahun-tahun. Pepermin terkenal ampuh meredakan sakit perut, dan sering kali digunakan sebagai bahan utama dalam minuman hangat seperti teh.
Nama ilmiahMentha × piperita
Tingkatan taksonSpesies


15 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Mungkin sering kali kamu jumpai daun ini sebagai hiasan atau pelengkap dalam suatu hidangan makanan atau pun minunman. Ataupun kerap kali kamu sering memesan minuman yang berasal dari daun ini di tempat makan favoritmu. Daun mint banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tak heran kalau daun mint ini banyak digunakan untuk bahan pembuat obat dan bagi pecinta kuliner. Aromanya yang khas dan menyegarkan mulut mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun yang satu ini bisa bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan.  Selain berkhasiat untuk penambah aroma masakan juga sebagai jenis pengobatan.  Ada 15 manfaat daun mint untuk kesehatan dan kecantikan antara lain:

1. Sehat Untuk Mata


Kamu pasti tahu manfaat dari daun mint bagi kesehatan dan kecantikan dengan aroma yang khas dan menyegarkan daun mint dapat dijadikan obat dan dapat mengatasi penglihatan mata karena kaya akan vitamin A yang terdapat pada daun mint. Pada dasarnya daun mint merupakan tanaman yang serba guna yang bisa dapat dijadikan obat atau masakan serta minuman. Selain itu daun mint mampu mengatasi mata merah atau mata karena terkena debu. Kandungan Vitamin  yang tinggi dan juga nutrisi yang dibutuhkan mata dapat mengatasi mata kamu menjadi sehat. Jika kamu bosan mengkonsumsinya, tambahkan beberapa varian seperti wortel atau tomat pada minuman daun min. Mata merupakan hal yang sangat penting untuk itu jaga mata kamu, dengan memperhatikan kesehatan dan kebersihannya.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Rasa mentol yang terdapat pada daun yang satu ini dapat dijadikan terapi untuk kesehatan kulit. Salah satu cara untuk mendapatkan kulit sehat dan halus yaitu dengan mandi menggunakan daun mint. Tambahkan daun mint pada air yang akan digunakan untuk mandi dengan cara meremas-remas daun mint gunakan seperti mandi biasa. Daun mint ini bisa menjadi salah satu daun yang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulitmu.  Kandungan vitamin C dalam daun mint ini  bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa sangat mudah mengkonsumsi daun mint ini dengan menambahkan pada masakan atau minuman. Gunakan cara mandi dengan menggunakan daun mint secara teratur maka kulit akan menjadi sehat.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling banyak ditakuti oleh masyarakat. Pasalnya banyak sekali masyarakat yang mengidap penyakit ini sulit untuk sembuh bahkan sulit untuk kembali sehat. Dengan khasiat daun mint yang mengandung antioksidan, khasiatnya ini bisa menghindari kamu dari terkenanya penyakit kanker, terutama kanker perut, dan usus besar. Bila daun mint ini dikonsumsi dan dicerna dalam tubuh mu, maka antioksidan tersebut akan digunakan dan terserap oleh tubuh mu. Dengan mengonsumsi secara berkala kamu bisa terhindar dari salah satu penyakit yang ganas ini.

4. Mengurangi Nyeri pada Tubuh

Manfaat lain dari daun mint yang perlu kamu tahu adalah daun mint bisa di gunakan untuk mengobati rasa nyeri dan sakit pada tubuh kamu. Rasa nyeri yang sering timbul seperti pegal-pegal, sakit kepala, sakit gigi dan lain sebagainya. Nyeri yang tak tertahankan kadang membuat kamu banyak mengkonsumsi obat anti nyeri tapi kamu sekarang bisa mencoba dengan menggunakan daun mint sebagai herbal penghilang rasa nyeri. Caranya dengan mencampurkan pada minuman atau makanan. Daun mint mengandung antispasmodic yang bisa meredakan rasa sakit. Dengan khasiatnya ini niscaya bisa kamu manfaatkan dengan mengkonsumsi daun mint secara rutin. Zat antispasmodic juga berguna untuk membuat ototmu yang tegang kembali menjadi rileks.

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Daya tahan tubuh yang baik akan menjaga tubuh kamu tidak gampang terkena penyakit. Kamu bisa mencoba dengan ramuan dari daun mint yang bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu cukup dengan meminum ramuan daun mint yang direbus. Caranya ambil 10 lembar daun mint rebus dengan air 2 gelas menjadi satu gelas tambahkan madu secukupnya minum ramuan ini pagi dan sore terutama pada saat musim hujan. Zat yang terkandung pada daun mint dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik. Terutama vitamin C yang terdapat pada daun mint yang bagus untuk meningkatkan imun. Selain itu daun mint juga bisa menyehatkan tubuh pada saat penyembuhan dari penyakit.

6. Menurunkan Berat Badan

Daun mint ternyata juga memiliki serat tinggi dan mineral tinggi. Seperti yang diketahui, serat bisa melancarkan pencernaan dengan baik. dengan begitu faktor pendukung untuk menurunkan berat badan sudah tercapai. kandungan serat yang dimiliki daun mint mampu melancarkan pencernaan kamu sehingga tidak terserang sembelit atau penyakit pencernaan yang lain. Daunt mint bisa digunakan sebagai pelengkap diet kamu jika sedang menjalani program diet. Hal ini bisa sekali untuk membantumu menurunkan berat badan. Mengonsumsi daun ini secara berkala juga akan menyehatkan tubuh kamu.

7. Mencegah Terjadinya Tumor

Seperti halnya penyakit kanker, tumor merupakan penyakit yang cukup ganas dan juga ditakuti. Tumor merupakan penyakit yang ditandai tumbuhnya daging dan mengikat jaringan tubuh. Jika sudah tergolongan ganas atau kronis maka akan berkembang menjadi kanker Untuk menghilangkan penyakit tumor ini biasanya harus dilakukan operasi. Daun mint dapat mengatasi kanker dan tumor karena dalam daun ini terkandung antioksidan yang tinggi untuk bisa menjaga tubuhmu dari penyakit terutama kanker dan tumor ganas. Antioksidan mampu mengeluarkan racun pada tubuh kamu sehingga tidak ada racun yang menumpuk yang bisa mengakibatkan tumbuhnya tomor. Konsumsi daun mint setiap hari agar tubuh kamu sehat.

8. Mengatasi Tenggorokan Gatal

Bukan karena tanpa alasan. Daun mint ini memiliki menthol dan esensial tajam yang tinggi. Sehingga ketika kamu makan, kamu akan merasakan sensasi dingin yang akan menyebar dan juga mempengaruhi bagian mulut serta tenggorokanmu. Dengan khasiatnya inilah tenggorokan kamu yang gatal, baik karena sakit atau karena salah makan seperti gorengan dan lainnya, akan merasa kembali segar. Dampak menthol disini pun juga berasa cukup pedas, hal ini juga akan mempengaruhi tenggorokan mu. Sehingga tenggorokan mu akan terasa kembali segar dan bersih. Gatal di tenggorokanmu juga akan hilang dengan cepat.

9. Mengatasi Masalah Jerawat

Gunakan daun mint untuk mengatasi jerawat yang ada di wajah kamu. Jerawat kerap kali terjadi pada kulitmu hal ini karena kulit dalam keadan kotor sehingga jika dibiarkan akan mengalami radang pada permukaan kulit.  Dengan begitu jerawat akan tumbuh dengan mudah dan juga menyebabkan jerawat mudah muncul. Daun mint bisa untuk mengatasi jerawat tentu saja bisa, karena daun mint ini memiliki kandungan antibakteri. Caranyanya gunakan sebagai masker wajah pada wajah yang berjerawat. Cuci daun mint terlebih dahulu, kemudian haluskan dan ratakan pada wajah. Lakukan hanya pada wajah yang berjerawat dan lakukan hal imi secara rutin.

10. Mengatasi Kulit Kusam dan Kering

Daun yang satu ini memang banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya untuk kesehatan dan juga kecantikan tidak diragukan lagi daun mint baik untuk kesehatan kulit terutama untuk mencerahkan kulit sehingga kulit tidak terlihat kusam. Vitamin C yang terdapat pada daunt mint mampu membuat kulit kamu bersih. Hal ini juga bisa menyababkan munculnya berbagai masalah kulit seperti komedo dan lain sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan khasiat dari daun mint untuk mengatasai masalah ini. Kandungan vitamin A yang terdapat pada daun mint akan membatasi dalam produksi minyak diwajahmu. Sehingga kulit kamu akan terhindar dari kulit berminyak, kusam dan juga kulit kering.

11. Menyegarkan Kulit Kepala

Mungkin kamu adalah satu yang sering menemukan ataupun menggunakan shampoo yang mengandung menthol atau bahan dasarnya terbuat dari daun mint.  Sebenarnya sudah sejak dulu daun mint ini digunakan untuk membersihkan kulit kepala. Mungkin bagi kamu yang menggunakan awalnya akan terasa seperti pedas, namun akhirnya setelah digunakan kulit kepalamu akan terasa segar. Hal ini disebabkan karena daunt mint mengandung menthol dan esensial lainnya. Maka tak jarang setiap produk shampoo apapun pasti menyelipkan ekstrak daun mint sebagai tambahan dalam setiap produknya.

12. Mengatasi Kutu Rambut

Kutu rambut adalah salah satu masalah yang kerap kali membuat kita jengkel. Untuk kamu yang mengalami masalah kutu rambut, kamu tidak perlu khawatir saat ini. Kamu bisa untuk mengatasi penyakit kutu rambut ini dengan menggunakan daun mint. Caranya mudah sekali, yaitu pijat bagian rambut kamu menggunakan minyak daun mint 2 atau 3 kali dalam sehari, maka kutu pada rambut anda akan hilang.

13. Menghilangkan Komedo

Bagi wanita penampilan sangat penting karena masalah sekecil apapun yang terdapat pada wajah sudah sangat membingungkan. Komedo yang sering muncul dipermukaan kulit sering mengganggu penampilan dan kadang dibuat jengkel. Ternyata Daunt mint ini juga dapat mengatasi masalah komedo. Caranya mudah sekali, yaitu dengan cara menghaluskan daun mint diseputar wajah yang rawan muncul komedo seperti daerah sekitar hidung. Lalu diamkan selama 15 menit dan setelah itu  bilas dengan air hingga bersih. Maka komedomu akan hilang. Lakukan secara rutin agar komeda tidak muncul lagi.

14. Mengatasi Pecah-Pecah atau Kaki Kasar

Memiliki kaki yang kasar atau pecah-pecah tentu membuat kita menjadi tidak nyaman. Setuju? Lalu bagaimana cara mengatasi kaki pecah-pecah atau kaki kasar ini?. Kamu bisa mengatasi hal itu dengan menggunakan daun mint. Caranya dengan merendam kaki kamu pada air hangat yang telah dicampur dengan daun mint. Dengan ini kamu bisa memiliki kaki yang sesuai dengan keinginanmu.

15. Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Mungkin bagi kamu yang baru tahu ini bisa jadi pertimbangan untuk memberi tips ini pada si buah hatimu. Ternyata daun mint sangat baik untuk anak dalam masa pertumbuhan. Walaupun kandungan kalsiumnya tidak sebesar dan sebanyak susu, namun konsumsi daun mint ini dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan perkembangan tulangmu menjadi kuat. Dan apabila kamu mengalami Cidera, konsumsi daun mint akan membantu proses memperbaiki tulang tersebut. Baik sekali untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan.
Demikianlah 15 Manfaat daun mint bagi kesahatan dan kecantikan. Daun mint banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan bagi tubuh. Daun yang beraroma mentol ini banyak peminatnya terutama bagi orang yang menyukai usaha kuliner. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin selalu sehat dan cantik. Dan semoga juga kita diberi kesehatan dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Kesehatan penting sekali untuk melanjutkan kehidupan. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan Populer